Sehat Optimal

lebih baik menjaga kesehatan daripada berobat ketika sakit

Wajik Ketan Kelapa

Posted by mfathur pada April 15, 2008

wajik ketan kelapaBahan:
500 gram beras ketan putih, rendan 3 jam, tiriskan
175 ml air
200 gram gula pasir
200 gram kelapa muda parut
3 lembar daun pandan
Baca entri selengkapnya »

Posted in Uncategorized | Leave a Comment »

HIDUP NIKMAT DENGAN PROSTAT SEHAT

Posted by mfathur pada April 8, 2008

Para pria, berhati-hatilah!

Secara epidemiologi, usia lanjut merupakan faktor penting terjadinya pembesaran prostate jinak (PPJ) dan kanker prostat.

Menurut Dr. Rainy Umbas PhD dari sub bagian urologi-bagian bedah FKUI/RSCM, diperkirakan 70% populasi pria usia lanjut mengalami PPJ. Sejumlah penelitian menemukan rata-rata sperma pria mengalami penurunan sekitar 50% dalam waktu 5 tahun, dan terus berkurang rata-rata dua persen tiap tahunnya. Lalu bagaimana caranya agar di usia lanjut kita bisa terhindar dari serangan Pembesaran Prostat Jinak dan Kanker Prostat.

Apa yang dibutuhkan pria?

Menghindari PPJ dan Kanker Prostat bukan hal yang mustahil dilakukan. Dengan memperhatikan pola makan, gaya hidup, stress dan lingkungan, semua itu bisa dihindari.

Pola Menu Sehat Seimbang

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Terutama mineral Seng sangat aik bagi peningkatan kesuburan pria. Seng adalah zat yang terlibat dalam produksi sperma dan memainkan peranan “mengaktifkan” sperma. Para ahli gizi yakin, minum seng 15 mg per hari dapat membantu memperbaiki kerusakan sperma yang disebabkan bahan kimia berbahaya yang yang diserap dari alam.

Sumber-sumber kaya senga antara lain seafood, daging merah, semua jenis biji-bijian dan kacang-kacangan termasuk beberapa produk kering seperti keju. Jika anda mengkonsumsi suplemen seng, para ahli kesehatan menyarankan tidak lebih dari 30 mg per hari.

Berhenti merokok dan minum alkohol

Ada sejumlah penelitian yang menemukan merokok dapat merusak membran sperma, membuatnya “malas” dan mempengaruhi kemampuannya untuk mencapai sel telur. Meroko juga dapat merubah DNA sperma sebagai penyebab kecacatan pada bayi.

Selain itu, alkohol juga mempengaruhi produksi sperma, minum-minuman beralkohol lebih dari delapan unit dalam 48 jam dapat menurunkan tingkat testosteron sampai 20 persen bahkan 12 jam setelah anda berhenti minum.

Olahraga

Lakukan secara teratur untuk kesehatan dan kebigaran diri anda.

Beralih Ke Organik

Para petani yang memakai pestisida dapat mengalami kegagalan tingkat kesuburan, dan resiko ini dapat menyebar terhadap orang lain melalui makanan yang mereka produksi. Penelitian pada binatang yang memakan makanan yang disemprot dengan HPTE dapat menghentokan produksi testosteron lebih dari 17 jam. Untuk membatasi resiko, para ahli fertilisasi menyarankan pria untuk mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum memakannya atau beralih ke makanan organik.

Hindari Stress

Berpikir positif dapat meningkatkan produksi sperma dan memperbaiki kesehatan sperma. Sebaliknya, kafein yang ditemukan dalam kopi dan minuman cola dapat menurunkan produksi sperma dan tingkat stress.

Food Suplement

Makanan kesehatan adalah solusi bagi pria yang tidak dapat memenuhi pola makan sehari-hari. Pilih makanan kesehatan yang natural, dan ditanam secara organik.

Posted in Uncategorized | Leave a Comment »

Karbohidrat

Posted by mfathur pada Maret 5, 2008

Karbohidat berasal dari kata carbohydrate yang berarti karbon ditambah dengan air. Tumbuhan menggunakan sinar matahari untuk mengubah air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) menjadi karbohidrat (Cx(H2O)y) dan oksigen (O2), proses ini kita kenal sebagai photosintesis.

Fungsi Karbohidrat

Ketika tubuh kita memerlukan energi, pertama-tama yang dicari adalah karbohidrat. Jika karbohidrat jumlahnya tidak cukup, tubuh kita akan mencari dari sumber yang lain, protein misalnya. Sayangnya, protein bukanlah sumber energy yang effisien untuk tubuh.

Karbohidrat juga menjaga otot-otot dan membantu mengatur kadar gula yang mengalir dalam darah. Sehingga seluruh sel mendapatkan energi sesuai yang ia butuhkan.

Sumber Karbohidrat

Ada dua macam karbohidrat: sederhana dan kompleks. Kedua-duanya terbuat dari gula. Bedanya terletak pada berapa jumlah gula yang bersatu dan bagaimana gula-gula itu saling terkait.

Karbohidrat sederhana hanya memberi kita energi tidak ada kandungan nutrisi didalamnya. Yang termasuk jenis ini adalah manisan, premen dan soda. Karbohidrat jenis ini memberi kita energi secara instant dan cepat.

Karbohidrat kompleks melepas energi secara perlahan-lahan dan sering disertai serat. Menurut nutrilite.com karbohidrat jenis ini lebih sehat. Makanan yang termasuk dalam kategori ini antara lain roti, pasta, nasi, kentang, dan kacang-kacangan.

Kebutuhan

Karbohidrat umumnya mempunyai porsi 45-60% dari total makanan yang kita makan. Para ahli menasehatkan agar tiap orang dewasa memakan paling tidak 120-125 gram karbohidrat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan dasar. Tentu ini juga tergantung lokasi dan jenis aktifitas.<saya akan carikan referensi untuk orang indonesia>

Diet dan Kesehatan

Jika konsumsi karbohidrat kita berlebih dan aktifitas fisik kita sedikit, kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi lemak. Kelebihan lemak akan memicu kelebihan berat badan dan resiko kesehatan lainnya.

Jika saat ini anda memiliki kelebihan berat badan dan ingin menurunkan dengan metode diet rendah karbohidrat, anda perlu menyimak apa yang ditulis mas deddy di sportindo.com.

Mengurangi asupan karbohidrat dan menambah protein dengan harapan akan membantu tubuh membakar lemak lebih. Tetapi apabila hal itu dilakukan terus menerus, maka pada saat proses katabolik, yang mana protein diubah menjadi glucose sebagai energy, protein akan diambil dari otot yang akan menyebabkan berkurangnya massa otot. Dan pada saat perubahaan protein menjadi glucose itu menghasilkan sisa buangan berupa nitrogen yang harus dibuang melalui urine dan keringat. Nitrogen yang dibuang melalui urine ini jelas akan membebani ginjal. Jadi semakin rendah asupan karbohidrat, semakin tinggi intensitas latihan dan semakin banyak protein yang dikonsumsi, dalam waktu yang lama, akan merugikan ginjal kita. Banyak minum air yang diharapkan akan melancarkan proses ginjal, juga akan membebani ginjal apabila diet seperti ini diteruskan karena sisa buangan tersebut tetap harus melewati ginjal kita.”

Lebih lanjut mas Deddy mengatakan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum anda melakukan diet ini. Bagi yang kelebihan berat badan, dengan diet ini akan diperoleh penurunan yang cepat, tetapi dengan catatan kondisi ginjal yang bagus dan hanya satu (1) bulan.(/nutrilite.com)

Posted in Nutrisi | Leave a Comment »

Nutrisi

Posted by mfathur pada Maret 5, 2008

Apa pentingnya nutrisi?

Nutrisi yang berasal dari makanan diserap oleh tubuh kita pada saat makanan melalui saluran pencernaan. Apa sih kegunaan dari nutrisi:

  • Untuk pertumbuhan sel, memeliharanya dan memperbaikinya.
  • Untuk memeberikan energi pada tubuh agar fungsi-fungsinya bisa bekerja.

Dengan kata lain, nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan kita. Tentu saja dalam hal ini nutrisi tidak bekerja sendirian, ada serat dan juga air yang membantunya.

Unsur pokok nutrisi digolongkan menjadi dua, pertama nutrisi makro terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kedua nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral.

Nutrisi Makro

Nutrisi makro adalah nutrisi terpenting untuk menjaga kesahata tubuh. Apa saja kegunaan nutrisi makro:

  • Menyediakan energi untuk tubuh, dengan memecah karbohidrad dan lemak.
  • Menyediakan building block dari tubuh, yaitu protein. Protein penting bagi tubuh untuk membuat sel, menjaga dan memperbaikinya.

Nutrisi Mikro

Tanpa keberadaan vitamin dan mineral, nutrisi makro tidak dapat mengeluarkan energi begitu saja. Jadi walaupun nutrisi makro paling penting, dia tergantung pada nutrisi mikro untuk bekerja.

Vitamin adalah unsur organik. Vitamin mengaktifkan enzym-enzym, berupa protein yang bekerja sebagai katalis, untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kita.

Tubuh kita hanya bisa menghasilkan vitamin D dan K, sisanya didapat dari makanan yang kita makan.

Mineral adalah unsur unorganik. Mineral berasal dari batu-batuan dan bijih-bijih mineral. Mineral masuk kedalam rantai makanan melalui tanah.

Kita mendapatkan mineral dari tumbuhan yang tumbuh ditanah yang kaya mineral dan juga dari binatang yang memakan tumbuhan.

Mineral terdiri atas:

  • Kalsium dan mangnesium adalah unsur utama pembentuk tulang.
  • Sodium dan potassum berguna untuk mengontrol keseimbangan air dalam tubuh.
  • Mineral yang lainya, seperti chromium, besi, dan magnesium, dibutuhkan untuk beberapa proses kimia dalam tubuh.

Nutrisi-nutrisi diatas adalah nutrisi yang telah dikenali oleh para ahli dan digolongkan. Namun dalam tumbuh kita masih banyak jenis nutrisi yang sebetulnya tidak bisa digolongkan, seperti misalnya asam lemak omega dan phytonutrisi. Phytonutrisi atau disebut juga phytokimia, adalah unsur yang bertindak sebagai system kekebalan alami tumbuhan, dan ini berefek juga bagi kesehatan manusia.

Posted in Nutrisi | Leave a Comment »

KOLESTEROL dan Gaya Hidup Sehat

Posted by mfathur pada Maret 2, 2008

Kolesterol tinggi sering tidak bergejala. Waspadai kehadirannya dengan gaya hidup sehat.

Selama ini banyak orang beranggapan, ancaman penyakit karena kolesterol tinggi hanya berlaku buat mereka yang lanjut usia atau yang berat badannya berlebihan. Fakta nya, kini makin banyak orang yang berada dalam usia produktif (mulai usia 20-an) juga terkena kolesterol tinggi. Bahkan, yang bertubuh ideal pun bisa mengalami gangguan pembuluh darah dan serangan jantung, akibat berlebihnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cek tiap 6 bulan
Kolesterol adalah komponen asam lemak dalam darah yang sesungguhnya diperlukan tubuh untuk membentuk hormon, sel dan merawat sel-sel saraf. Tetapi dalam jumlah berlebih kolesterol menjadi ancaman serius bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit yang disebabkan kolesterol antara lain adalah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, dan hiperkolesterolemia.

Kolesterol yang tinggi (hiperkolesterolemia) tidak terlihat dan seringkali tidak bergejala. Karena itu penting bagi kita untuk secara rutin melakukan check up (periksa darah) setiap 6 bulan dan menjalani pola hidup sehat dengan diet rendah lemak, berhenti merokok, menjaga berat badan dan rutin berolahraga.

Diet rendah lemak
Hidup sehat adalah kebiasaan. Bila Anda terbiasa makan enak dan difinisi makan enak menurut Anda adalah makanan yang berlemak, ubah difinisi itu dengan menjadikan makanan enak sebagai makanan yang sehat dan rendah lemak. Ada 3 macam lemak di dalam makanan yang perlu Anda tahu, yaitu:

  1. Saturated.Lemak ini harus dihindari, terdapat pada kuning telur, jerohan dan otak sapi.
  2. Monounsaturated. Lemak jenis ini dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas, terdapat pada udang dan kepiting.
  3. Poliunsaturated. Ini jenis lemak yang sebaiknya banyak dikonsumsi karena dapat meningkatkan HDL kolesterol (lemak baik) dan menurunkan LDL kolesterol (kolesterol jahat), terdapat pada ikan laut seperti salmon, tuna dan tenggiri yang mengandung Omega 3.

TIP DIET YANG BENAR:
• Batasi porsi makanan.
• Pilih produk non fat.
• Kurangi penggunaan garam.
• Tidak minum lebih dari 2 gelas alkohol per hari.
• Berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

TURUNKAN KOLESTEROL!
Beberapa jenis makanan dan minuman terbukti ampuh menurunkan kolesterol dalam darah, diantaranya:
• Teh hijau • Apel
• Bawang putih • Avokad
• Tempe • Blueberry
• Anggur

Posted in Gaya Hidup, Ingredient | Leave a Comment »

Keajaiban Teh Hijau

Posted by mfathur pada Maret 2, 2008

Mengandung antioksidan tinggi, teh hijau membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Dihasilkan dari daun teh yang diuapkan dan dikeringkan. Teh hijau telah digunakan sebagai obat tradisional sejak 4.000 tahun lalu. Kandungan zat aktif berupa antioksidan alami di dalamnya mampu melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas yang menjadi penyebab beragam penyakit.

Mengapa teh hijau begitu istimewa?
Rahasia teh hijau terletak pada kandungannya, diantaranya adalah kaya akan catechin polyphenols dan theaflavin yang merupakan bagian dari epigallocatechin gallate (EGCG), jenis antioksidan yang sangat powerful. Bahan aktif theaflavin juga turut berperan dalam memberikan warna dan rasa yang dapat menjadi ukuran kualitas teh.

Manfaat teh hijau
Sudah banyak penelitian yang berhasil mengungkap keajaiban teh hijau, diantaranya adalah National Cancer Institute yang mengemukakan bahwa teh hijau berkhasiat menurunkan risiko kanker esophageal (kanker kerongkongan).

Perdue University di Amerika menyatakan bahwa mengonsumsi teh hijau akan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Hasil riset Erasmus University Medical School di negeri kincir angin, Belanda, yang mengungkapkan pembuluh darah balik besar (aorta ) orang yang gemar meminum teh hijau memiliki lapisan yang melindungi dari terjadinya gumpalan darah, sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung koroner.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol total, serta memperbaiki rasio antara kolesterol baik dan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoproteins (LDL)), maka teh hijau memberikan manfaat:
” Menurunkan risiko terbentuknya plak dalam pembuluh darah.
” Mengurangi plak yang ada dalam pembuluh darah.
” Mencegah penyumbatan pembuluh darah.
” Menurunkan risiko penyakit jantung.
” Menurunkan risiko stroke.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga perlu didukung oleh pola hidup sehat seperti menjaga berat badan agar tidak over weight, olahraga secara rutin dan teratur, menjaga pola makan sehat, dan menghindari atau berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok, serta tak lupa mengonsumsi suplemen tambahan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol darah.

Image

Gambar diatas menunjukkan bagaimana teh hijau bekerja:

  1. Theaflavin dan catechin mempengaruhi penyerapan kolesterol dari makanan. Bila kolesterol yang terkandung dalam makanan tidak diserap, maka akan langsung dibuang sehingga tidak menambah jumlah kolesterol LDL dalam tubuh.
  2. Theaflavin dan catechin meningkatkan pengeluaran dan pembuangan kolesterol LDL dari dalam darah.
  3. Kolesterol dikeluarkan dari dalam tubuh.

(/amagram)

Posted in Ingredient | Leave a Comment »